May 17, 2014

Mencoba Menjadi Tamu Spesial di Gunung Kawi

Pintu masuk wisata Gunung Kawi
Hanya dengan 3 hari saja di Malang sudah membuat saya cukup bingung untuk jalan ke mana lagi. Hari ini adalah hari terakhir kami di Malang dan kami belum merencanakan mau pergi ke mana. Di tengah kebingungan, tiba-tiba HP saya bergetar tanda ada pesan Whatsapp masuk. "Lu masih ada di Malang, Jos?" Kebetulan, seorang teman yang baru saja pulang dari Surabaya mengajak saya ketemuan. Mumpung saya masih berada di kampung halamannya juga. Mengingat saya punya waktu kosong seharian, maka kesempatan ini saya gunakan untuk bertemu teman lama. Yah.. saya sebut ini sebagai sekedar reuni kecil.

Cucas, begitulah nama teman saya yang satu ini. Saya berteman dengannya ketika magang 5 bulan di Batam tahun 2012 lalu. Dan kini dia mengajak saya dan Thomas untuk main-main ke rumahnya yang berada di luar kota. "Ayo dong, Jos... maen-maen ke Malang! Sekalian mampir ke rumah dan resto papa ku," kalimat persuasif itu sering terdengar sekitar setahun yang lalu. Hari ini saya menepati janjinya untuk berkunjung ke restoran Lesehan Gentong milik papanya. Perjalanan tak berencana hari ini sepenuhnya saya serahkan kepada si pemilik kampung halaman.

Singkat cerita, akhirnya kami tiba di Lesehan Gentong setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi restonya berada di dekat jalan raya Malang-Blitar, searah dengan jalan menuju Wisata Religi Gunung Kawi. Selagi kami ngobrol, saya dan Thomas malah ditawari untuk mencoba menu-menu andalan di resto ini. "Wah, nggak perlu repot-repot, tante..." kata kami berdua pada ibu pemilik resto. Ya, saya akui itu adalah jurus ngeles padahal mau, karena kami belum sempat makan siang.

Di depan Lesehan Gentong
Saksi bisu dinginnya hujan dan panasnya matahari
10 menit berlalu dan hidangan sudah tersaji di depan mata. Aroma harum khas ikan gurame bakar yang menggoda membuat kami tak sabar untuk langsung menyantapnya. Tentunya tekstur kulit yang garing akan terasa lebih nikmat bila dilumuri dengan kecap manis. Perpaduan rasa manis kecap dengan daging yang lembut seakan lumer di lidah, hingga indera pengecap saya menyimpulkan bahwa ini benar-benar enak.

"Serangan" berikutnya adalah Krengsengan Bebek yang menjadi menu andalan Lesehan Gentong. Penyajiannya mirip dengan Bebek Oblok. Daging paha dan dada bebek ditaburi cabe rawit, sehingga kuahnya yang berwarna cokelat terasa pedas nikmat. Entahlah bagaimana saya menjelaskan secara detail rasa bebek ini. Rasa pedas rawitnya begitu mendominasi begitu menyentuh lidah saya. Tipikal makanan yang bikin nagih karena yang pedas-pedas biasanya menjadi favorit orang kita. Saya pun mulai mandi keringat karenanya. Untungnya udara di dalam sini terasa sejuk.

Gurame rasa nagih
Kresengan Bebek yang bikin mandi keringet
Es Degan Jeruk penyelamat lidah
Pekarangan luas yang bersebelahan dengan teras rumah dirombak menjadi restoran dengan interior saung bambu tanpa dinding sehingga angin bebas berseliweran dari arah manapun. Para pengunjung pun dapat memilih untuk makan di meja atau lesehan. Bagian depannya kian dipecantik dengan adanya sebuah taman kecil, beserta patung karakter Semar di pintu masuknya. Tidak ketinggalan pula gentong raksasa yang menuangkan airnya ke kolam sebagai ikon utama dari resto ini. Suara gemericik airnya menjadikan suasana terasa alami. Cocok untuk makan bareng keluarga ataupun acara kumpul-kumpul kerabat. Saya pun betah berlama-lama ngobrol di sini sampai tak sadar ternyata piring kami tinggal tersisa tulang-belulang saja.

 
Saung teduh dengan konsep untuk bersantai. Cocok untuk makan bareng keluarga
Di taman depan ada gentong raksasa sebagai ikon
Setelah dikenyangkan secara jasmani, kini saatnya kami untuk mengenyangkan rohani. Cucas dan mamanya mengajak kami untuk tur ke Wisata Religi Gunung Kawi. Tur tanpa rencana ini semakin tak terduga begitu saya dan Thomas baru tahu bila kali ini kami berdua menjadi tamu spesial. Bagaimana tidak? Kami ditemani (dipandu) sama Cucas yang memang sudah mengenal betul tentang wisata tersebut. Plus, kami tak perlu bayar tiket masuk dan juga tiket parkir. Bukan karena kami berdua dibayarin sama tante (mama Cucas), tapi karena setiap warga di sana sudah mengenal baik keluarga mereka.

Wisata yang konon katanya suka dijadikan sebagai tempat untuk "minta" ini memang terkesan biasa saja bagi kalian yang memang sudah tahu atau pernah berkunjung. Namun, bagi kami berdua yang baru pertama kali berkunjung, kami sempat dibuat heran oleh keadaan dan suasana di sini.

Emang dasarnya nggak tau apa-apa! Dulu saya sempat berpikir bahwa Gunung Kawi itu memang tempat yang mistis, penuh ilmu goib, banyak dedemit, dsb. Sama sekali nggak terbesit di pikiran saya macam wisata yang suasananya asri kayak gini. Cucas mulai menjelaskan beberapa hal begitu kami berdiri di depan gerbang masuk. Termasuk meminta saya untuk menyimpan kamera selama di dalam lokasi wisata. Yes, no camera allowed here.

Salah satu gapura menuju lokasi wisata
Suasana magis langsung terasa begitu memasuki wisata ini. Tercium bau asap dupa dimana-mana. Di Gunung Kawi ini ada 2 makam tokoh yang namanya tertulis di prasasti di depan pintu masuk makamnya, Kanjeng Zakaria II dan RM Imam Soedjono. Namun, yang paling menarik perhatian saya adalah adanya sebuah pohon keberuntungan.

Bagi kami yang hanya pengunjung biasa, pohon ini memang terlihat biasa saja. Sama sekali tidak spesial bagi mata kami hingga kami diberitahu tentang sesuatu yang "ajaib" dari pohon ini. Konon kepercayaan, bila salah satu daun, buah, ataupun dahan jatuh dan menyentuh tubuh kita, maka rezeki bakal lancar. Makanya saya agak heran, kenapa ada banyak bapak-bapak cuma diam doang di bawah pohon kecil yang dikerangkeng itu. Dengan kepastian yang tidak jelas itu, mereka rela menunggu hari demi hari hingga bulan demi bulan. Memang unik, namun seperti itulah kenyataannya.

Sudah banyak sekali pengusaha dan orang penting yang "minta" di sini. Menurut Cucas, mayoritas peziarah datang dari etnis Tiong Hoa (Chinese). Maka dari itu, di lokasi setempat terdapat vihara dan juga ciamsi (ramalan nasib). Saya dan Thomas sempat mencoba ciamsi untuk pertama kalinya. Kami akan tahu watak dan nasib kami ke depan lewat sebuah batang kayu mirip sumpit. Wadah tabung yang berisi puluhan sumpit saya kocok-kocok sampai ada yang jatuh satu batang. Memang butuh waktu agar jatuh satu, dan ingat! Jangan meniru seperti cara bapak di sebelah saya yang nafsunya kelebihan. Sampai-sampai sumpitnya tumpah semua. Ini bukan main lotere, pak!

Dari sumpit itu terdapat nomor yang berikutnya akan dicocokkan dengan nomor laci. Di dalam lacinya ada lembaran kertas kecil bertuliskan petunjuk halaman di buku ramalannya. Saya sudah baca hingga 3 kali dan sama sekali nggak ngerti sama bahasanya. Bahasanya kayak di-translate pakai Google Translate yang super baku dan jadul abis. Tetap bingung mencernanya meski sudah konsentrasi penuh.

WARNING! Butuh otak yang encer untuk membacanya
Sejak dulu pikiran awam saya selalu mengatakan bahwa Gunung Kawi itu daerah yang benar-benar kejawen, Jawa klenik. Namun, ternyata suasana aslinya sangat berbeda dari imajinasi saya. Akulturasi budaya Jawa dan China sangat jelas di sini. Menyusuri jalan gang yang tampak menanjak ini terasa seperti bukan di pulau Jawa. Jalanan paving block yang rapi, ratusan pertokoan, dan rumah-rumah makan mewarnai dari ujung ke ujung gang. Ditambah lagi ada pedagang CD lagu yang muterin lagu-lagu Mandarin zaman orang tua kita dulu. Berasa kayak lagi jalan-jalan di China mainland (atau Glodok?)

Sejak daritadi saya perhatikan, mayoritas peziarah datang dari keluarga etnis China. Mereka berdatangan dari segala penjuru Jawa dan menginap di penginapan-penginapan di daerah sini. Masih belum ada alasan yang cukup jelas, mengapa banyak sekali peziarah dari etnis tersebut dan sejak kapan hal itu terjadi?

Mitos keyakinan ini seakan diamini dan dianggap nyata oleh seluruh kalangan dari berbagai daerah, sehingga tempat ini menjadi sangat tenar sebagai tempat untuk pesugihan. Ribuan orang berlomba untuk meraih kesuksesan dengan cara instan lewat sebuah cerita yang belum tentu kebenarannya. Saya yakin betul kalau mereka pasti sudah memiliki keyakinan pada agamanya masing-masing. Namun dalam hal seperti ini, semua kembali lagi pada sifat dasar manusia Indonesia, yaitu mudah sekali percaya dengan hal-hal seperti "itu".

Warung makan di pinggir jalan. Kelihatan bersih dan penataannya bikin nafsu
Chinesfood? Chainees Food? Nice try!
Tur singkat di Gunung Kawi ini berakhir dengan cukup banyak pengetahuan yang saya dapat tentang wisata ini. Nggak heran bila Cucas tahu betul akan cerita sejarah dan mitos di sini, bahkan hingga nama-nama orang pentingnya ia juga tahu. Belakangan Cucas baru memberi tahu, kalau ternyata keluarganya masih ada hubungan kerabat dekat dengan almarhum juru kunci tempat ini, H. Suryo Widagdo. Warga di sana pun juga sudah mengenal baik keluarga Cucas. Pantas aja, daritadi tur saya dan Thomas berjalan sangat mulus berkat ditemani sama "orang dalam".

Trip yang berjalan mulus sesuai rencana memang sangat memuaskan bagi siapapun juga. Namun, trip tanpa rencana yang berjalan mulus tentu jauh lebih memuaskan.

"Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

(Desember 2013) 

8 comments:

  1. Jadi Gunung Kawi itu sebenarnya bukan gunung ya? Apa ada hubungannya ya dengan Jl. Kawi di kota Malang? hehehe. Saya baru tahu budaya Cina juga kental di tempat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gunungnya juga, kok.. Tapi agak jauh ke utara dari wisatanya. Dekat sama Gn. Butak

      Delete
  2. Suka desain restorannya...homy banget...

    ReplyDelete
  3. makam yang di ziarahi itu makam orang Islam ya ?
    kenapa banyak yang ziarah orang cina ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kan!
      Nggak cuma kamu aja yg bingung, ane jg begitu pas di sana.

      Mitosnya yg turun-temurun emang terkenal di kalangan Chinese.
      Dan bukan maksud rasis, rata2 pengusaha sukses di Indo adalah orang Chinese.

      Delete
  4. Bagus suasana restorannya. Mirip2 Bandung. Kirain Gunung Kawi gunung untuk trekking ternyata bukan hehe

    ReplyDelete
  5. sebelum baca tulisan ini, tadinya gue mikir kalau suasana di sana jawa bangeeet. eeeh ternyata....

    Salut buat orang chinese yang bisa sukses dimana mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak gw dulu.
      Ternyata wisata-nya ga semistis sperti yg dibilang orang2.

      Delete