Sep 26, 2014

Tips and Travel Itinerary to Bawean Island

Almost sunset
Apa itu Bawean dan dimana?

Yang jelas bukan nama kue atau jenis gorengan. Bawean adalah sebuah pulau kecil yang berada di Laut Jawa. Di tengah-tengah pulau Kalimantan dan Jawa, tepatnya di sebelah utara Gresik, Jawa Timur.

What is Bawean and where is it?

First thing, it is not kind of cakes or fritters. It's an isle in the middle of Java Sea, between Borneo and Java. Just at the north of Gresik, East Java.


Right here, bro!
Ada apa di sana?

Sudah jelas, daya tarik utama Bawean adalah pantai-pantainya yang masih "perawan". Air laut di sekitarnya pun terlihat biru bening. Panorama persawahan luas yang menguning mendominasi di bagian dalam pulau. Danau Kastoba, danau mistis yang dikelilingi pepohonan rimbun ini berada di puncak bukit. Suasana hening di sini bisa bikin bulu kuduk jabrik.

Wisata utama lainnya adalah Penangkaran Rusa Bawean. Di sini kita bisa bertemu secara langsung sama hewan endemik Pulau Bawean yang terancam kepunahan, yaitu Axis Kuhlii atau Rusa Bawean.

Namun, highlight utama Bawean ternyata nggak ada di sana. Bohongin kita, nih!!
Tenang-tenang... wisata utamanya memang berada di luar pulau Bawean, tepatnya di Pulau Noko. Pulau pasir seluas lapangan bola ini memang spesial. Berdiri di atas dataran pasir di tengah laut sambil menikmati pemandangan Laut Jawa adalah momen puncak selama perjalanan di Bawean.

Wisata selengkapnya:
http://baweantourism.com/products/2/0/PLACES-OF-INTEREST/

What's in there?

Obviously, Bawean main attraction is the "virgin" beaches. The sea water around looks blue as clear as crystal. Vast panorama of yellowing rice fields dominate inside of the island. Kastoba Lake, this mystical lake surrounded by lush trees is located on the hilltop. Silence and chilling sensation here will make goosebumps in no seconds.

The other main spot is Bawean hog deer sanctuary. In here, we can witness closely a highly threatened deer species found only in Bawean island, also known as Axis Kuhlii or Bawean Hog Deer.

However, the main highlight isn't there. So, we've been fooled after all!!
Be calm... the main spot is actually located outside of Bawean island, precisely in the island of Noko. This soccer field-wide sand island is truly special. Standing on beach sand in the middle of the sea while enjoying the view of Java Sea is the climax moment during my trip in Bawean.

More places of interest:
http://baweantourism.com/products/2/0/PLACES-OF-INTEREST/

Surrounded by yellow and green
That chilling sensation (Kastoba Lake)
Axis Kuhlii
The climax
Bagaimana cara menuju ke sana?

Untuk menuju ke Bawean kita anggap titik awal ada di kota Surabaya. Mudah saja bagi kalian yang tinggal di pulau Jawa. Banyak pilihan transportasi darat dengan harga terjangkau, seperti bis antar provinsi dan kereta api. Namun, jika Anda orang kantoran dengan jumlah libur pelit, maka pesawat menjadi pilihan tepat. Ada banyak maskapai lokal yang melayani penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia menuju Surabaya.


Dari Surabaya, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Gresik-Bawean. Cara murah (Rp6.000 - Rp8.000) yaitu dengan naik angkutan umum (angkot) berwarna biru telur asin, yang dapat ditemukan berlalu-lalang di depan stasiun Pasar Turi. Waktu normal sekitar 1 setengah jam sudah sampai di depan gerbang masuk pelabuhan.

Untuk menuju Pulau Bawean ada 3 pilihan kapal ferry dengan jadwal, kecepatan, dan kapasitas yang berbeda-beda.

How to get there?

To get to Bawean, we choose the starting point at Surabaya. It will be easy if you live in Java island. Many options to choose land transportation in affordable price, such as inter-province bus and train. But, if you are an office guy with less holiday, so airplane is the right choice for you. There are many local airlines with flight service from big cities in Indonesia to Surabaya.

From Surabaya, journey continues to port of Gresik-Bawean. Cheap way (Rp6.000 - Rp8.000) is by riding public transportation (angkot) in turquoise colour. It can be seen passing in front of Pasar Turi train station. It's about 1 and half hour to get to port entrance gate in normal time.

To reach Bawean island there are 3 options of ferries with different schedule, speed and capacity.

Following is the schedule of ferries departure and arrival Java - Bawean - Java:
Berikut jadwal keberangkatan dan tiba ferry P. Jawa - Bawean - P. Jawa:

(Source: baweantourism.com)
Harga tiket:
A. Express Bahari & Natuna Express:
     - VIP    : Rp176.500,-
     - Exc    : Rp161.500,-
(Harga Desember 2015) 

Lokasi Pembelian Tiket Express Bahari:
– Kantor Bahari Ekspress Cabang Gresik
Jl. Pahlawan no. 36 Gresik
Telp: 031-3983600


- Kantor Bahari Ekspress Cabang Bawean
Jl. Dermaga no. 8 Sangkapura
Telp: 0325-422257


Lokasi Pembelian Tiket Natuna Express:
– Kantor Natuna Ekspres Gresik
Jl. Panglima Sudirman no. 177 Gresik
Telp: 031-3976444


– Kantor Natuna Ekspres Bawean
Dermaga Sangkapura depan mini market Indra Jaya
Telp: 081332749731


B. Gili Iyang: Rp 87.000,-
Tiket bisa dibeli langsung di pelabuhan.
(Harga September 2014)

Express Bahari melayani perjalanan yang lebih cepat, namun kapasitasnya lebih sedikit. Sedangkan Gili Iyang memiliki muatan lebih besar dan tentunya waktu tempuh bisa sampai 7 jam lebih. Bila Anda membawa kendaraan sendiri dari pulau Jawa, maka Gili Iyang adalah pilihan satu-satunya.

Info update dari orang Bawean: Natuna Express gratis khusus orang sakit (Amit-amit, dah!)

Harap diperhatikan! Gili Iyang berlabuh di Paciran yang lokasinya jauh dari Gresik dan Surabaya. Dulu saya sempat terkecoh karena kurangnya info. Namun, untungnya saya sempat dapat tumpangan hingga Gresik.

---------------------------------------------------------------------

Ticket prices:
A. Express Bahari & Natuna Express:
     - VIP         : Rp176.500,-
     - Exc         : Rp161.500,-
(Price Desember 2015)

Express Bahari ticket location:
– Bahari Ekspress Office Gresik
Jl. Pahlawan no. 36 Gresik
Telp: 031-3983600


- Bahari Ekspress Office Bawean
Jl. Dermaga no. 8 Sangkapura
Telp: 0325-422257


Natuna Express ticket location:
– Natuna Ekspres Office Gresik
Jl. Panglima Sudirman no. 177 Gresik
Telp: 031-3976444


– Natuna Ekspres Office Bawean
Sangkapura port in front of Indra Jaya Mini Market
Telp: 081332749731
B. Gili Iyang: Rp 87.000,-
Ticket can be purchased at the port.
(Price September 2014)

Express Bahari goes faster than the others, but less in capacity. Meanwhile, Gili Iyang can load more passengers itself, but it spends 7 hours or more trip instead. If you bring your own vehicle from Java, so Gili Iyang is the only choice given.

Update info from the locals: Natuna Express is free for someone who suffered an illness (God forbid!)

Please note! Gili Iyang disembark at Paciran Port which is far away from Gresik and Surabaya. I was fooled last time due to lack of information. But, luckily I got a ride to Gresik.

Express Bahari (Source: sejarahpulaubawean.blogspot.com)
Natuna Express (Source: bawean.net)
  
Exclusive photos of Gili Iyang

At Bawean
Waiting to Depart (port of Gresik)
The Upper Deck
Canteen look alike
This is How We Sleep
VIP Room
Nginap di mana di sana?

Saya melihat ada beberapa penginapan/hotel di sekitar pelabuhan baru Sangkapura dengan harga yang cukup layak. Salah satu rekomendasi saya adalah Hotel Intan. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 km dari pelabuhan.

Tersedia 12 kamar double/single bed dengan AC/Fan. 1 orang per malamnya Rp250.000,- (harga Desember 2015).

4 kamar mandi berada di luar. Tersedia pula air minum, teh, dan kopi gratis. Yang saya suka dari hotel ini adalah karena pemiliknya juga tinggal di rumah ini di lantai 1, jadi kebersihannya selalu terawat.

CP: Hotel Intan: 08113342167 / 081332994555 (Ibu Hajiwi)

Selengkapnya dapat dilihat di link ini:
http://baweantourism.com/product/0/11/Intan-Hotel

Where to stay?

I saw there are some inns/hotels around the new Sangkapura Port with reasonable prices. One of my recommendation is Intan Hotel. It isn't too far, just about 1 km from the port.

12 bedrooms available double/single bed with AC/Fan. Rp250.000,- for 1 person/night (price December 2015).

4 bathrooms outside. There are also drinking water, tea, and coffee for free. What I like about this hotel is because the owners also live in this big house on the 1st floor. So the cleanliness can be always maintained.

CP: Hotel Intan: 08113342167 / 081332994555 (Ibu Hajiwi)

For more details about hotels can be seen here:
http://baweantourism.com/product/0/11/Intan-Hotel




Front side (Intan Hotel) (Source: baweantourism.com)
Bedroom (Intan Hotel) (Source: enikoesuma.blogspot.com)
Hall (Intan Hotel) (Source: enikoesuma.blogspot.com)
Lounge (Intan Hotel) (Source: enikoesuma.blogspot.com)
Balcony Lounge (Intan Hotel) (Source: enikoesuma.blogspot.com)

Tips & info penting dan nggak penting:



UPDATE!!!
- Akhir Januari 2016, bandara Harun Thohir sudah beroperasi. Rute sementara Juanda (Surabaya) - Harun Thohir (Bawean). Pesawat kecil dengan kapasitas 15 penumpang, 2 kali dalam seminggu (Selasa dan Kamis).
https://m.tempo.co/read/news/2016/01/30/058740819/menteri-jonan-resmikan-bandara-harun-thohir-pulau-bawean 

- Harga sewa peralatan snorkel:
http://www.baweantourism.com/products/109/0/SNORKEL-GEAR-RENT/ 

- Wajib sewa atau bawa kendaraan sendiri (motor atau mobil) karena nggak ada angkutan umum.

- Di sini nggak ada pom bensin (SPBU). Sebagai gantinya, bensin dijual secara eceran di warung-warung (Maret 2014).

- Penunjuk jalan menuju tempat-tempat wisata hampir nggak ada. Oleh karena itu, lebih baik didampingi oleh guide lokal jika Anda nggak mau kehabisan waktu karena tersesat.

- Motor nggak di kunci dan kuncinya dibiarkan menggantung begitu saja?! Nggak masalah.


Important and unimportant tips & info:

UPDATE!!!
- In end of January 2016, the airport Harun Thohir has been operating. Route is Juanda airport (Surabaya) - Harun Thohir (Bawean). Small plane with about 15 passengers capacity, twice in a week (Tuesday and Thursday).
 https://m.tempo.co/read/news/2016/01/30/058740819/menteri-jonan-resmikan-bandara-harun-thohir-pulau-bawean

- Snorkel gear rent:
http://www.baweantourism.com/products/109/0/SNORKEL-GEAR-RENT/ 

- You have to rent or bring your own vehicle (motorbike or car) because there are no public transport there.

- You can't find gas station here. In other wise, fuels sold at the mini stalls (March 2014).

- Road signs to the tourism spots are almost nowhere to be seen. So, it will be better accompanied by local guide if you don't want run out of your time due to lost.

- I didn't lock my bike and the key is still hanging on the bike?! No big deal.



Contoh itinerary:

Jumat malam ambil feri Gili Iyang yang jam 9 malam dari pelabuhan Gresik. Perjalanan di laut ini cukup lama hingga keesokan paginya, jadi saya anjurkan manfaatkan waktu malam untuk tidur di feri.

Hari pertama di Bawean: Pagi buta tiba di Bawean dan langsung menuju ke penginapan untuk check-in dan beres-beres. Begitu keluar dari penginapan, perjalanan dimulai dengan mengunjungi penangkaran Rusa Bawean dahulu. Kemudian dilanjutkan mengunjungi Danau Kastoba, air terjun, dan pantai-pantai lainnya. Target hari pertama minimal berkendara mengelilingi lingkar luar Bawean.

Hari kedua: Hopping island ke Pulau Gili, Pulau Noko, dan pulau-pulau lainnya. Dan bila masih ada sisa waktu di sore atau malam harinya, cobalah berkunjung ke pusat alun-alun kota yang ramai saat weekend.

Hari ketiga: Bersiap-siap untuk kembali ke Gresik dengan kapal Express Bahari jam 9 pagi.


Example itinerary:

On Friday night, take Gili Iyang ferry at 9 PM from port of Gresik. The voyage is long enough until next morning. So, I suggest you to use your time for sleep on board.

First day in Bawean: Arrive at Bawean in early morning and go to hotel/inn for check-in and make some preparations before the journey. After get ready, the journey begins with a visit to Bawean Hog Deer Sanctuary first. Then continue to visit the Kastoba Lake, some waterfalls, and beaches. The first day main target is at least driving around the Bawean outer ring road.

Second day: Hopping island to Gili Island, Noko Island, and the other islands. And if there is still time left in the evening and night, why don't try to visit the town square which is crowded at weekend.

Third day: Get ready to go back to Gresik by Express Bahari ferry at 9 AM.

--------------------------------------------------------------------- 

Demikian tips dan itinerary untuk kalian para traveler yang ingin mengunjungi Pulau Bawean di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Safe Journey!

That's all for the tips and itinerary for you all travelers who want to visit Bawean Island at Gresik Regency, East Java. Safe Journey!


* For more info about Bawean island: http://baweantourism.com/
* Local guide contacts: - 081249008255 (Mr. Subairi)
                                  - 08113342167 / 0819882967 (Mrs. Musyayana)

--------------------------------------------------------------------- 

Untuk cerita perjalanan saya di Bawean bisa dibaca di sini:
- [Road Less Traveled] Bawean, Perawan yang Mandiri

- [Road Less Traveled] Penasaran Ada Apa di Bawean? (PART 1)

- [Road Less Traveled] Penasaran Ada Apa di Bawean? (PART 2)

"It's not just about the destination, but the journey"

48 comments:

  1. Mantap dan detail sekali mas info nya,, terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, sudah mampir..

      Tapi diingat lagi kalo harga bisa berubah sewaktu-waktu.
      Safe journey!

      "It's not about the destination, but the journey"

      Delete
  2. Hoo,, info nya lengkap sekali, jadi gampang kalau mau kesana. Thanks for sharing

    www.littlenomadid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan, mumpung masih "perawan"..

      "It's not about the destination, but the journey"

      Delete
  3. Keren mas info dan juga advice nya mulai dari akomodasi dll..kapan kapan mau coba destinasi ini. Indonesia yang kaya banget akan keindahan alam yang masih harus diperkenalkan dan blog mas juga membuat wisata yg di luar Maenstream wisata wisata lainnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, gan... wisata Indo bukan cuma Bali, Jogja, atau Lombok melulu. Namun, masih ada tempat2 indah lain yg belum terjamah yg perlu kita "angkat" namanya ke dunia.

      Delete
  4. Mas, kalau ke Pulau Bawean itu kapal Gili Iyang dari Gresik bisa mengangkut mobil pribadi juga ndak?? apa cuma sepeda motor aja?? Makasih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sekali, gan!
      Gili Iyang itu sama seperti ferry2 penyeberangan pulau yg besar.

      Coba lihat di sini:
      http://makanangin-travel.blogspot.co.uk/2014/06/road-less-traveled-bawean-perawan-yang.html

      Delete
  5. Gan klo boleh tau, itu sewa motor, sewa perahu ke gili-noko, sama jasa guide nya dulu kena berapa ya?
    Soalnya ada rencana bulan ini mau kesana nih, makasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia yg masih saya ragukan jumlah pastinya.
      Kemarin itu saya kasih langsung jumlah pengeluarannya ke guide-nya..

      Saya perkirakan dan hitung sendiri harganya.
      Misal: (sewa motor + bensin = Rp 70.000) + (sewa perahu bertiga = Rp 100.000) + ......

      Harga tidak pasti karena saya nggak pesan paket via tur. Tapi, berhubung karena keberangkatannya dr Gresik saya hanya sendiri, maka saya ditemani orang lokal itu.

      Delete
    2. oalah udah diurusin semua sama guide lokal nya ya.. itu dari baweantourism kah? soalnya liat banner nya di perahu :D

      btw klo mau masuk penangkaran rusa perlu ada izin dulu?

      Delete
    3. Halo Jambul..
      Awalnya saya kira malah orang lokal biasa yg bersedia menemani.

      Kalau mau masuk kandang, coba aja berunding langsung sama bapak yg jaga kandangnya itu.

      Delete
  6. kl musim ujan gini memungkinkan gak ya mas buat ksna??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Norma..
      Tentu saja kemarau lebih baik daripada musim hujan. Karena hujan bisa aja jadi perusak acara dan jadwal.

      Dan belum lagi kmungkinan ada badai laut yg bikin kapal2 ferry nggan untuk melaut.

      Delete
  7. min kl pergi ajak2 dong min, aku kan iri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan aj kalo ente berani bolos dr kantor.
      Hahaha..

      Delete
  8. mau nanya, itu naik gili iyang emang udah disediakan tempat tidur free gitu buat setiap penumpang?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap.. pesan tiket, dan kamu bebas kemana aja selama di dalam ferry, kecuali deck crew n ruang mesin.
      Bukan berarti langsung dapat, ya sesuai nomor.. karena sistemnya siapa cepat dia dapat.

      Thanks sudah mampir.

      Delete
    2. maksudnya sesuai nomor beli tiketnya? atau cepet2an ngetag tempat? :D
      oiya btw itu tiketnya gili iyang bisa dibeli berapa hari sebelum keberangkatan? on the spot ya?

      Delete
    3. Maksud saya, beli tiket ferry itu bukan kayak beli tiket bioskop yang udah ada nomor kursinya. Jadi kamu emang harus cari posisi enak kamu sendiri sebelum direbut orang lain.

      Tiket Gili bisa dibeli on the spot.
      Hindari high season, karena penumpang bisa membludak.

      Delete
  9. mas bisa minta nomor orang lokal nya ? krena aku rencana mau kesana sendiri juga. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Audrine, thanks udah mampir.
      No. contact local guide udah saya tampilkan.
      Coba kamu baca lagi di bagian akhir tulisan.
      (Mr. Subairi)

      Safe journey!

      Delete
  10. Makasih infonya gan! minggu depan rencana ke sana :D. It's help a lot!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, semoga infonya membantu. Semuanya kurang lebih sama, tapi harga dan jadwal ferry bisa berubah sewaktu-waktu.

      Safe journey!

      Delete
  11. mau numpang nanya dong, itu yang pak subairi dan bu musyayana "tour guide" atw apa ya? klw saya mau nanya-nanya ttg pulau bawean dan transportasinya selama disana bisa nggak ya?

    thanks in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ayuzhyra.
      Kalo mau tau segala hal tentang Bawean, hubungi aja langsung mas Subairi-nya. Beliau orang lokal yg pasti ngerti seluk-beluk pulau itu dan bisa mendampingi (guide) perjalanan kamu selama di Bawean.

      Delete
  12. tarif penyeberangan dari gresik ke bawean bawa mobil pribadi berapa ya mas? matur nuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks dephi..
      Untuk biaya mobil masuk ke ferry, dari dan ke Bawean cukup mahal.
      Saya nggak tau pasti, tapi bisa di atas Rp500.000,00

      Delete
  13. mas mau tanya. untuk biaya kepulau pulau kecilnya kenak berapa ? mulai dari biaya kapal,tiket masuk,dll ? dan bila bawa motor sendiri apakah tidak ada larangan tertentu misalnya tidak bisa seenaknya kemana saja berpergian ? dan satu lagi,rincian biaya tiket masuk ke wisata2 nya brapa mas ? mulai dari danau,penangkaran rusa,dsb... hehehe mksih mas (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Monica.
      Mengenai biaya sewa kapal utk hopping island, saya udah kontak local guide-nya dr kemarin tapi belum ada jawaban. Mungkin dia kasih izin ke saya utk kasih harga sendiri. Hehehe...

      Nyetir motor boleh bebas kemana aja asal pulang dengan selamat.
      Tenang aja, kunjungan ke destinasi wisata sama sekali nggak dipungut biaya.

      Kalo masih kurang jelas, coba aja hubungi no. kontak yg udah saya cantumkan di bagian bawah postingan.
      Moga2 membantu..

      Delete
  14. Suka banget postingannya x)
    Anw, mau tanya :

    1. Utk ke pulau2 kecil nya such as Noko , ada opr travel/boatnya kah? Range harga nya brp yah utk berkeliling ke bpp pulau?

    2. Sewa motor tersedia gak yah di bawean ?

    Lookin forward dor ur answer mas. Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks for stopping by, Claudia.
      Mengenai pertanyaan:

      1. Barusan saya cek ke website resminya, namun harga rent boat nggak tercantum secara pasti, nih:
      http://baweantourism.com/product/0/19/Rent-Boat

      2. Tentu aja ada:
      Rp60.000/hari (dalam 1 hari)
      Rp55.000/hari (dalam 2 hari)
      Rp45.000/hari (dalam 3 hari)
      Untuk kontak bisa hubungi ke no. local guide yg udah saya cantumin.

      Semoga membantu.

      Delete
  15. Sori mau tanya mas, untuk selama trip disana kira2 amannya butuh budget brp total? Kalau misalkan untuk 4orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, isal. Thanks sudah mampir.
      Kalau kamu ber-4, aku rasa sedia di bawah Rp800k cukup.
      Asal jgn terlalu sedikit juga ya bawa uangnya, soalnya seingetku di sana nggak ada bank atau ATM nasional, kecuali bank lokal.

      Delete
  16. Maaf mas saya mau nanya lagi haha saya jadinya berangkat 9 orang kebetulan bisanya berangkat hari minggu jadi cuma bisa naik bahari express, nah setelah saya cari dapat paket 4 hari 3 malam dengan harga 1juta per orang sudah termasuk tiket kapal PP, menurut mas apakah dengan harga segitu worth atau kemahalan ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faisal, bagi saya itu quite worth.
      Tiket Bahari Express sekali jalan aja udah Rp150k+, maybe sekarang bisa sampe atau bahkan bisa lebih dr Rp200k kali ya...

      Penginapan permalam bisa Rp100k+, namun harga bisa beda2 di tiap penginapan.

      Sewa kapal yg mungkin paling mahal, bisa Rp500k.
      Lalu mungkin ada tambahan lain seperti makan, sewa mobil/motor, alat snorkeling, dll.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Halo Mas George, saya bingung dengan biaya sewa perahunya. Di bagian agak atas, mas perkirakan perahu per harinya sktr 60 ribuan. Tapi kok diatas, mas bilang bisa nyampe 500 rb. Saya rencana pergi sendiri soalnya, jadi biaya pasti lebih mahal dibandingkan rame2.

      Delete
    4. Halo Hendri!
      Bisa tolong tunjukan tulisanku yg bagian mana? Soalnya aku lupa kalo pernah ngetik demikian.

      Mungkin yg kamu maksud Rp60.000 itu sewa motor/hari.
      Lalu kenapa bisa mahal seperti itu, kmungkinan karena dulu belum ada harga pasti. Namun seiring udah mulai rame Bawean, maka bisa jadi harga komersil n jadi mahal.

      Delete
    5. Yang reply ke Jambul Rhoma, ada perkiraan biaya sewa perahu bertiga Rp 100rb, sewa motor + bensin 70rb.

      Pengalaman sana dulu berangkat sendirian, sewa perahunya gimana? Kira2 bisa gak sewa perahu buat sendirian tapi ongkosnya ga lebih dr 200rb?

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. Oh, itu maksudku 1 orang kasi Rp100.000an

      Dulu belom ada patokan harganya, namun kalo sekarang bisa jadi Rp500.000 1 kapal utk hopping island. Jadi aku sendiri ga bisa jamin kalo kamu bisa dapet kurang dari Rp200.000.

      Harga baru itu aku dapat dari mas Subairi (guide local) Juli lalu.

      Delete
  17. bro bisa di update donk untuk price nya. buat januari 2016. tiket penyebrangan, sewa motor, kamar hotel, sewa boat, sewa perakatan snorkling dan bayar tour guide nya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ferry ticket price udah saya update di atas. Penginapan bisa tanya langsung ke nomor Ibu Hajiwi (Hotel Intan) yg udah saya jelaskan di atas.

      harga hotel utk Hotel Intan dan snorkeling rent sudah diupdate juga.
      Kalau bayar tour guide, saya kurang tahu persisnya, namun bisa tanya-tanya ke nomor kontak yg sudah saya jelaskan.

      Delete
  18. Min mau tanya klo msal ksana bawa motor lwat plabuhan mna ,, naik kapal apa ,, n bsa back packer ga bwa tenda nge.camp ,, ??
    Total biaya per/org kira2 brpa min ,, ?? Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ali, sebenarnya saya udah jelasin hal itu di atas. So, tolong dibaca lebih seksama dulu ya.

      Gini,
      kalo bawa kendaraan sendiri harus naik ferry Gili Iyang yg emang lebih gede kapasitasnya, namun waktu tempuh bisa 6 jam+. Harga tiket sudah saya jelaskan + harga biaya angkut motor (maaf saya kurang info utk yg ini).

      Camping?
      Bisa banget! Terserah kamu mo bangun camp di mana aja, tapi yg enak tentu di bagian pantai yg sepi.

      Delete
  19. Ada siapa yg akan pergi ke Pulau Bawea saya ingin mencari tapak rumah bapa saya....tolong hp saya 96810404.

    ReplyDelete